Thursday, December 18, 2008

karedok


hari ini menu makan siang sama dengan Jumat pekan lalu, juga Jumat di pekan-pekan sebelumnya, keredok plus teri kacang n balado ikan tenggiri yang dipotong-potong kecil. hmmm yummy. ini makanan paling lezat yang bisa saya makan dari warung-warung amigos di sekitar kantor.

tapi yang jual karedok hanya ada satu, warung betawi yang letaknya agak jauh dari kantor, dekat kampus atmajaya. jadi hanya sesekali aja saya ke sana. barang kali ada tiga kali saya ke sana, dua kali sendirian n satu kali sama arinto dan hadi. tapi setiap Jumat, menu makan saya tetap dari warung ibu yang paling nggak senang gordyn yang nutupin etalasenya dibuka-buka itu. saya selalu nitip ke heri yang kalau selesai jumatan juga senengnya makan di sana.

si ibu warung betawi yang suaranya medok jawa ini kalo ngasih harga suka seenaknya, untuk menu yang sama nggak ada standarnya seperti di mc d atau kfc, :-). pas harga bbm naek, saya hanya ngeluarin uang 16.000-18.000 ribu untuk menu sederhana itu. tapi sewaktu bbm turun, harganya jadi 20.000 ribu. aneh bin ajaib.

harga makanan di seputar perkantoran di kawasan sudirman emang mahal-mahal. pokoknya saya jarang bayar makan di bawah 10.000 ribu, kecuali soto mi. tapi masak soto mi terus.

dulu, waktu masih kerja di perusahaan lama yang kantornya di buncit, saya sering ngeluh, susah cari makan n makanannya itu-itu aja. maklum sebelumnya kami berkantor di kawasan surga makanan, pondok indah. mau ke mal tinggal jalan, mau yang biasa2 aja tinggal jalan lima langkah udah sampe. harganya juga terjangkau. tinggal pilih mau mana yang mahal dan murah, menunya beragam. ada nasi rames n soto bu susi. masih jualan nggak ya ibu yang rambutnya juga kriting kayak saya n kenes itu. ada warung sunda, yang untuk ukuran warung di sekitar situ udah mahal banget karena sekali makan di atas 10.000 ribu, atau masakan betawi yang kalo dirasain lebih mirip makanan jawa yang manis.

di buncit, saya suka bingung menu makanan siang apa yang akan saya makan. padahal kalo dipikir-pikir dibandingkan dengan harga dan keragaman makanan di kantor saya sekarang, masih lebih beragam di sana. ada sop iga bu haji, masakan jawa timur, padang, warteg. semua enak-enak dan yang penting menu sayurannya banyak banget. tinggal sebut, semua ada.

di perusahaan laen yang kantornya di kawasan elit kebayoran baru, cari makan siang nggak susah. ada katering kantor, tapi ya itu menunya kurang selera. belom lagi kalo dapet kotak yang lauknya udah ilang. bosennnn. untungnya di kiri kanan kantor ada warung yang lumayan juga harganya, jadi bis asekali-sekali ke sana. di sini karena kantornya rumah, jadi banyak jajanan yang lewat, ada bakso, somai, es puding, tahu gejrot, gorengan, pokoknya banyak. tinggal manggil abang tukang bakso mari-mari sini aku mau beli.

jauh sebelum di tiga perusahaan ini, saya kerja di perusahaan yang kantornya di daerah kemandoran. makanannnya banyak banget. segala macam warung ada. belom lagi martabak yang rasanya mak nyus..... pokoknya enyak-enyak.

dari empat perusahaan tempat saya cari uang ini, ya hanya yang di kawasan sudirman itu yang menunya paling nggak enak. rasanya standar. dan selalu nggak semangat kalo udah menjelang makan siang. makanya di sini saya kalo makan nunggu sampe jam setengah 3 atau jam tiga, sampe banar-benar perut keroncongan, jadi yang masuk udah nggak dirasain lagi rasanya, yang penting perut kenyang... nyang... nyang.... kebayang-bayang sop iga bu haji.......

No comments: